Google

Monday, April 30, 2012

FILOSOFI METODOLOGI PENELITIAN DAN KOMUNIKASI ILMIAH

ISENG (INFORMASI SINGKAT SEKALI)
Buku ini mampu mendasari seorang-orang yang akan melakukan penelitian, dan kalau berpikir secara sequensial maka buku ini tentunya wajib untuk dibaca dan dipahami oleh mahasiswa pascasarjana yang akan menyusun thesis. Ada yang menenarik dari buku ini, kuatnya tataran filosofis yang mendasari buku ini, mulai berpikir deduksi yang sangat diperlukan ketika dalam menurunkan hipotesis, juga dipaparkan berpikir induksi, bagaimana seorang-orang yang akan menverikasi hipotesis. Tepatnya pada halaman 20, terpapar jelas, serta didukung visualisasi (bagan) yang memudah untuk mencerna maksud penalaran tersebut.
          Pada halaman 47 membentangkan bagaimanakah memperoleh zebuah masalah penelitian, sedangkan menurut buku ini setidak tidaknya ada empat alasan mengapa masalah penelitian itu diangkat (dipilih), antara lain:
1. alasan ilmiah (scientific reasoning)
2. alasan masuk akal (logical reasoning)
3. alasan khas (specific reasoning)
4. alasan praktis (practical reasoning).
Indikator ini sering ditanyakan penguji dalam ujian Tesis maupun Desertasi, berkaitan dengan hal itu, maka memperdalam kembali alasan yang mendukung penetapan masalah penelitian adalah langkah yang sangat bijak.
Kemudian terkait dengan Hypotesis, buku ini membentangkan latar bagaimana, dan mengapa hypotesis. Mulai dari menformulasikan, hingga penentukan pengujiannya dibahas tuntas di halaman 53 hingga 57.
Selanjutnya  pada halaman 59 di bahas mengenai variabel.
Sungguh mengelitik buku ini, variabrl dipadankan dengan "tukang ubah", jadi variabel itu dalam penelitian memang sering berperan ibarat "tukang ubah".
Variabel = Peubah=Tukang Ubah= charggeable.
Dan akhir pembahasan buku ini  dibentangkan klomunikasi ilmiah (Scientific Communication)

No comments: