Google

Sunday, April 22, 2012

BANGUNAN TEORI - DR AGUS SALIM MS

 SARAN BACA RUTIN (SABAR)
http://tiarawacana.co.id/kat_infobuku.php?ID=205 



Agus Salim
Bangunan Teori: Metodologi Penelitian Untuk Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan
xvi + 108 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-91-8
Bangunan Teori merupakan materi baru dalam kajian metodologi penelitian sosial. Kajian Bangunan Teoridiin?trodusir pertama kali oleh John J.O.I. Ihalauw, Ph.D pada program studi Pasca Sarjana, Universitas Satya Wacana Salatiga dan menjadi materi ung�gulan pada tahun 1980. Oleh penulis buku ini, Bangunan Teori dikembangkan lebih lanjut dengan materi filsafat ilmu dan pengembangan aplikasinya pada bidang ilmu-ilmu sosial.

Urgensi dari mempelajari Bangunan Teori adalah karena selama ini keberadaan ilmu belum banyak dilihat sebagai suatu proses. Ilmu masih terlalu sering dipandang sebagai produk yang diberikan secara paket dan sebagai akibatnya, metodologi pun masih dilihat sebagai kajian yang berdiri sendiri, sementara substansi ilmunya sering kali kurang menjiwai perkembangan metodologi tersebut. Padahal keberadaan metodologi tidak bisa dilepaskan dari substansinya. Belajar tentang metodologi penelitian misalnya, berarti pula belajar tentang upaya untuk memahami Bangunan Teori secara utuh dan lengkap, serta berbagai strategi yang diperlukan untuk mengklarifikasi masalah-ma�salah sosial (psikologi dan pendidikan) yang dikaji. Dan karena penelitian ilmu-ilmu sosial pada hakikatnya adalah pengkajian konsep limas Bangunan Teori yang lekat dengan sub�stansi keilmuannya, maka mengkaji Bangunan Teori semestinya menjadi sasaran awal sebelum orang mengadakan pengkajian materi penelitian.

Mempelajari Bangunan Teori dengan demikian sama artinya dengan menempuh pendekatan khusus untuk memahami ilmu dan metodologi secara bersama-sama. Pendekatan khusus seperti ini diharapkan dapat menguak cakrawala kepiawaian para mahasiswa dan kalangan akademisi dalam melihat substansi dan metodologi sebagai suatu kesatuan.

Buku Bangunan Teori ini dimaksudkan sebagai buku pegangan bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir, membuat Skripsi ataupun Tesis. Bagi para peneliti yang memiliki rencana membangun teori-teori baru, buku pegangan ini diharapkan cukup membantu untuk membelah akar-akar teoretis dan menemukan arah perkembangan teoritis terbaru yang lebih relevan dengan masalah yang sedang dikaji.
Daftar Isi
  • BAB I - PENDAHULUAN
    • 1. Bias Teori-teori Ilmu Sosial dan Pendidikan
      2. Bangunan Teori Pendekatan Positivisme dan Fenomenologi
      3. Pentingnya Bangunan Teori
      4. Materi Sajian
  • BAB II - ANCANGAN FILOSOFIS DARI BANGUNAN TEORI
    • 1. Filsafat Ilmu
      2. Penelitian dan Aras Kiblat Berpikir
      3. Penghampiran Berpikir Daur Induksi-Deduks
  • BAB III - PARADIGMA
    • 1. Paradigma Thomas Kuhn
      2. Paradigma Sir Karl R. Popper
      3. Paradigma Kuantitatif dan Kualitatif
  • BAB IV - KONSEP
    • 1. Menemukan Situasi Problematik dan Merumuskannya
      2. Merumuskan Persoalan dalam Penelitian
      3. Unit Analisis
      4. Membentuk Konsep dan Mentakrifnya
      5. Struktur Sebuah Takrif
      6. Takrif yang Penad dan Matra Konsep
      7. Macam Konsep dan Pengukurannya
      8. Ketepatan dalam Pengukuran Konsep
      9. Konsep dari Induksi
  • BAB V - DALIL
    • 1. Struktur Dalil
      2. Hubungan yang Dikandung Suatu Dalil
      3. Arah yang Dikandung Suatu Dalil
      4. Langkah-langkah Perumusan Dalil
      5. Bias dalam Menelaah Perilaku Manusia
      6. Dalil dari Induksi
  • BAB VI - MODEL DAN TEORI
    • 1. Membangun Model dan Teori
      2. Model dan Teori dari Induksi
      3. Tipologi Model dalam Teori-teori Sosial
      4. Rumusan Model atau Teori
      5. Struktur Teori
  • BAB VII - NISBAH BANGUNAN TEORI DAN KEGIATAN PENELITIAN
    • 1. Sistem Teori
      2. Teori dan Penelitian
      3. Pemaknaan dan Pengujian Bangunan Teori
  • BAB VIII PENUTUP
  • GLOSARIUM
  • DAFTAR PUSTAKA
  • BIODATA PENULIS

No comments: